Sabtu, 31 Maret 2012


Warna Lambang

    Kuning, mengartikan Keyakinan akan ke-Agungan Tuhan
    Putih, mengartikan Kebrsihan/Kesucian Jiwa
    Merah,mengartikan Keberanian.

Pengertian Lambang :

    Lingkaran, mengartikan Putaran Jiwa dan Pikiran dalam kehidupan yang harus penuh perhitungan.
    Lingkaran Putih, mengartikan Jiwa yang bersih/suci.
    Tulisan Praja Kshatrya Dharma, mengartikan Pembinaan setiap anggota BKC, untuk menjadi Pimpinan yang berjiwa Kshatrya dan Tanpa Pamrih
    Tulisan kata-kana Karate, mengartikan bahwa Ajaran Ilmu Beladiri yang ditonjolkan adalah Karate.

    Logo BKC Kanji Luar (putih) (1)


    Logo BKC Kanji Luar (hitam) (1)


Sumber: http://bkc_bogor.tripod.com/bkc/index.htm
Posted in BKC (Bandung Karate Club) | Leave a comment
KDG BKC (Kang Iwa Rahadian Arsanata)
Posted on May 2, 2011 by desikomalaramlan

Kang Iwa Rahadian Arsanata
kdg bkc

Posted in BKC (Bandung Karate Club) | Leave a comment
Sejarah dan Profil BKC
Posted on May 2, 2011 by desikomalaramlan
BKC

BKC adalah singkatan dari Bandung Karate Club dan dalam pengertian yang sebenarnya, berarti Bina Kshatrya Cita.  BKC didirikan di Bandung, tanggal 16 Juni 1966, pendirinya ialah Iwa Rahadian Arsanata.  BKC berpusat di kota Bandung, Jawa Barat Indonesia dengan cabang-cabangnya tersebar di seluruh wilayah Tanah Air Indonesia.


Dasar dan Tujuan

Menghimpun para pemuda, pelajar, mahasiswa dan karyawan sipil maupun militer yang mempunyai kegemaran dalam bidang Ilmu Bela Diri Karate pada khususnya dan kegemaran berolahraga pada umumnya.

Mendidik dan membina setiap anggota dalam kekauatan fisik dan mental, karakter, kedisiplinan dan keterampilan agar kelak dengan ilmu yang diperolehnya dapat menyesuaikan siri dalam lingkungan masyarakat serta bertanggung jawab demi kepentingan Bangsa, Negara dan Kemanusiaan.

Membantu dan berpartisiasi terhadap usaha Program Pemerintah dalam bidang pendidikan pada khususnya, dan pengembangan olah raga pada umumnya. Serta turut membantu mensukseskan Program Pemerintah dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Dasar Pendidikan

Ilmu Bela Diri yang diajarkan di BKC adalah berdasarkan kepada Tuntunan Ajaran Jalaksana yang kemudian digabungkan dengan berbagai Ilmu Bela Diri, baik yang datang dari luar Indonesia, khususnya karate, maupun yang merupakan budaya bangsa Indonesia.

Dasar pendidikan yaitu kekuatan fisik, kedisiplinan, keterampilan dan sebagai pendidikan pelengkap diantaranya pengetahuan umum tentang asal-usul Ilmu Bela Diri, budi pekerti serta keagamaan berdasarkan Ke-Tuhanan Yang Maha Esa.

Teknik Pelajaran

Teknik pelajaran sepenuhnya berdasarkan kepada Tuntunan Ajaran Jalaksana yang merupakan Ilmu Teturunan dari Pendiri Perguruan BKC.

Pada perinsipnya tidak bersifat Jepang minded, tidak semua dasar pendidikan serta kedisiplinan Jepang diterapkan atau ditiru dengan begitu saja, akan tetapi disesuaikan dengan alam kepribadian Bangsa Indonesia yang luhur, dengan menggunakan bahasa pengantar sehari-hari dalam latihan ialah Bahasa Indonesia disamping bahasa Jepang sebagai pengetahuan.

Mengutamakan mutu dan prestasi di bidang teknik, kekuatan, fisik dan mental dengan mengetrapkan dan penggemblengan disesuaikan kondisi fisik, tingkat, usia, jenis kelamin serta norma susila dan keagamaan.

Mempunyai corak dan ciri khas tersendiri, berdiri sendiri dengan tidak menginduk pada perguruan karate yang lain, baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar Indonesia.

Menjalin kerjasama antar Perguruan, atas dasar kekeluargaan, hormat menghormati, baik yang ada di luar Indonesia, BKC cinta damai tetapi lebih cinta kemeerdekaan.

BKC tidak bernaung pada organisasi sejenis yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Posted in BKC (Bandung Karate Club) | Leave a comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar